Sat. Jan 25th, 2020

KUATKAN PENDIDIKAN INKLUSIF, PRODI PIAUD SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL PAUD INKLUSIF

2 min read

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menggelar seminar nasional dengan tema ‘PAUD Inklusif: Antara Teori, Kebijakan dan Praktik’. Acara akbar itu dilaksanakankan pada sabtu 26 Oktober 2019 bertempat di Auditorium lantai 3 gedung KH. Ahmad Dahlan FTIK IAIN Salatiga.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, Prof. Dr. Mansur, M.Ag, secara simbolis membuka acara seminar nasional yang diinisiasi oleh Ketua Prodi PIAUD, Imam Mas Arum, M.Pd. Saat membuka, Prof. Dr. Mansur, M.Ag mengatakan, kegiatan seminar ini saya harapkan dapat menjadi episentrum yang manfaatnya dirasakan oleh para pegiat pendidikan anak usia dini di seluruh Kota Salatiga. Oleh karenanya seluruh peserta, baik guru PAUD/TK/RA dan mahasiswa FTIK IAIN Salatiga untuk serius menangkap ilmu pengetahuan tentang PAUD Inklusif yang disampaikan narasumber, Pungkasnya.

Disisi lain, Imam Mas Arum, M.Pd selaku Ketua Prodi PIAUD, saat menjadi moderator acara seminar itu mengungkapkan, kami prodi PIAUD IAIN Salatiga  siap bersaing dengan Prodi-Prodi PIAUD yang lain. Kami siap dari aspek internal maupun eksternal, di dalam kami punya SDM yang tangguh dan cerdas serta sarana prasarana yang memadai. Di luar, kami juga terus menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder, instansi pendidikan RA/TK/PAUD, IGRA, HIMPAUDI, dll.Pada kegiatan ini, sekaligus kami juga akan melangsungkan kerjasama dengan HIMPAUDI Salatiga, IGRA Salatiga, TK Inklusi Pelangi Anak Negeri Yogyakarta dan Prodi PIAUD FITK UIN Walisongo Semarang.

Beliau juga menambahkan, tahun depan Prodi kami akan menambah kuota penerimaan mahasiswa baru. Jadi, hadirin yang berbahagia jangan ragu untuk menginformasikan pada sanak saudara untuk menimba ilmu pendidikan anak usia dini di Prodi kami.

Sementara itu, Agung Hidayatullah, M.Pd, ketua panitia seminar nasional pendidikan inklusif, yang juga Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Salatiga, mengatakan acara ini lahir dari kegelisahan maraknya perilaku negatif di masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK)/Inklusi, maupun keluarga dan penyelenggara pendidikan Inklusi. Untuk meminimalisir hal itu pendidikan anak usia dini perlu diformat ulang. Pendidikan anak usia dini perlu bertumpu pada konsep inklusifitas, karena dengan sikap inklusif aneka macam kondisi anak dapat ditampung dalam pendidikan yang ramah anak.

Seminar nasional yang digelar PIAUD FTIK IAIN Salatiga tersebut menghadirkan dua narasumber yang cakap dalam pendidikan inklusif. Narasumber pertama Dr. Sigit Purnama, M.Pd, yang merupakan Ketua Perkumpulan Program Studi PIAUD Indonesia, dan Narasumber kedua adalah Sri Utami Purwaningsih, A.Ma, beliau adalah praktisi PAUD inklusi sekaligus Owner TK Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarya.

Poin materi yang disampaikan kedua narasumber tersebut adalah dengan konsep inklusif, anak usia dini sejak kecil sudah belajar untuk menerima takdir Allah SWT. Dengan konsep tersebut, setelah dewasa, anak-anak dapat mengembangkan bakat dan potensinya secara alami dan diasuh secara khusus agar mereka tetap bisa bertumbuh sesuai dengan bakat dan potensinya masing-masing.

Pada acara itu nampak Guru-guru PAUD se-Kota Salatiga yang memadati tribun auditorium lantai 3 gedung KH. Ahmad Dahlan untuk mendengar ceramah dari narasumber. Selain itu, juga terpampang Mahasiswa FTIK IAIN Salatiga yang berdesak, riuh ramai, antusias mengikuti paparan dari kedua narasumber.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.