July 27, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Rapat Koordinasi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga Semester Genap Tahun 2020/2021

3 min read

FTIK IAIN Salatiga – Kamis (18/02/2021). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dosen untuk sosialisasi dan koordinasi perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2020/2021. Rakor tersebut merupakan Rakor rutin yang diselenggarakan oleh FTIK setiap menjelang perkuliahan dimulai. Untuk semester genap tahun ini, perkuliahan akan dimulai pada tanggal 22 Februari 2021.

Rakor Dosen dipimpin langsung oleh Dekan FTIK, Prof Dr. Mansur, M.Ag. Di awal sambutannya, Prof. Mansur menyampaikan terimakasih kepada seluruh dosen yang telah bekerja keras menyelenggarakan perkuliahan daring semester gasal dengan sangat baik. Selanjutnya, Prof. Mansur juga menyampaikan bahwa perkuliahan daring ini ada plus dan minusnya. “Perkuliahan daring yang sudah kita lakukan tentu ada nilai plus dan minusnya. Plusnya dosen dan mahasiswa bisa fleksibel dalam belajar dan mengajar. Minusnya, mahasiswa terutama yang baru, belum pernah ketemu langsung dengan dosen dan teman-temannya serta belum menikmati fasilitas sarana dan prasarana di FTIK secara langsung”, ungkap Prof. Mansur. “Namun demikian, perkuliahan tetap berjalan sebagaimana yang telah direncanakan, oleh karenya saya mengucapkan terimakasih kepada dosen yang telah mempersiapkan dan melakukan perkuliahan daring dengan sangat baik”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Suwardi, M.Pd, juga menyampaikan beberapa informasi terkait dengan bidang akademik. Wadek 1 FTIK menyampaikan terimakasih kepada seluruh dosen yang telah mengunggah nilai dengan tepat waktu. “Dalam catatan kami, 100% dosen telah mengunggah nilai dengan tepat waktu”, ungkap Suwardi. “Unggah nilai tepat waktu menjadi penting untuk semua pihak karena pengaruhnya banyak, salah satunya memudahkan mahasiswa dalam pengambilan mata kuliah pada saat pengisian KRS”, tambahnya. Wadek 1 FTIK juga menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya perkuliahan bagian 1 (7 pertemuan awal) akan menggunakan sistem daring, untuk perkuliahan bagian 2 masih menunggu kebijakan dan perkembangan pandemi covid-19. Wadek 1 FTIK juga berpesan kepada seluruh dosen, agar pembelajaran daring dirancang sedemikian rupa agar tidak memberatkan mahasiswa. Kemudian, dalam pembelajaran daring yang berbasis video, pakaian dosen dan mahasiswa harus diperhatikan dengan baik.

Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi dan Kepegawaian, Dr. Rasimin, M.Pd., juga menyampaikan beberapa informasi terkait dengan adminisitrasi. “Dosen jangan lupa untuk mengisi jurnal mengajar dan presensi mahasiswa di SIAKAD sebagai bukti dokumen, karena SIAKAD merupakan salah satu instrumen utama untuk mengontrol perkuliahan daring”, ungkap Rasimin. Wadek 2 FTIK juga menyampaikan agar dosen menyelesaikan adminsitrasi perkuliahan dengan tepat waktu, karena jika terlambat menyelesaikan administrasi perkuliahan, akan memiliki dampak yang banyak.

Pengarahan terakhir dilakukan oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Hammam, Ph.D. Wadek 3 FTIK juga mengucapkan terimakasih kepada dosen karena telah mendampingi mahasiswa dan menjadi ujung tombak dalam penguatan karakter mahasiswa. Dalam kesempatan itu, Wadek 3 FTIK menyampaikan gagasan baru yaitu Empat Pilar Perguruan Tingi. “Saya memiliki gagasan baru, yaitu Empat Pilar Perguruan Tinggi, empat pilar itu adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kewirausahaan”, ungkapnya.  Wadek 3 FTIK titip pesan kepada dosen agar menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa dengan menanamkan karakter pantang menyerah, inovatif, kreatif, dan berani mengambil mengambil resiko dengan bertanggung jawab.

Rakor dosen semester ini berjalan dengan lancar, dan dilaksanakan dengan model blended (daring dan luring). Dalam catatan admin, ada 163 dosen mengikuti rakor ini, dengan 91 dosen mengikuti secara daring, dan 72 dosen mengikuti secara luring. Acara ditutup doa dengan dipimpin oleh Imam Mas Arum, M.Pd.

(MI)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.