Workshop Refreshment Kurikulumm 2013 untuk Guru PAI se-Salatiga

IMG_20171121_084637

Selasa (21/11), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengundang guru-guru PAI di Salatiga untuk menghadri Workshop Refreshment Kurikulum 2013. Workshop ini diselenggarakan di Kampus 3 IAIN Salatiga. Peserta dari kegiatan ini merupakan guru PAI baik dari SMP maupun MTs yang berada di wilayah Kota Salatiga. Workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab IAIN Salatiga untuk melakukan salah satu tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa penyuplai guru PAI di Kota Salatiga yang paling besar adalah IAIN Salatiga. Oleh karena itu, IAIN melalui Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan merasa perlu menggandeng guru-guru PAI di Kota Salatiga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah, salah satunya dengan workshop kurikulum.

Workshop dibuka langsung oleh Dekan FTIK, Suwardi. Dalam sambutannya Suwardi menyampaikan terimakasih kepada bapak ibu guru yang telah menyempatkan hadir dalam workshop ini. Kemudian beliau menjelaskan kondisi Program Studi PAI di IAIN Salatiga. Program Studi PAI merupakan salah satu program studi favorit di IAIN Salatiga. Prodi PAI mendapatkan jatah kelas yang paling banyak dibandingkan dengan prodi lain. Selain karena prodi PAI terakreditas A, animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di prodi PAI juga sangat besar. Dua belas kelas yang disediakan pada tahun ini saja telah terisi penuh. Bahkan prodi PAI juga masih menolak calon mahasiswa yang ingin mendaftar di prodi PAI. Di akhir sambutan, Suwardi juga memohon doa restu dari bapak ibu yang hadir dalam kegiatan ini agar pembangunan gedung IAIN Salatiga dapat segera selesai sehingga bisa memenuhi harapan masyarakat luas.

Narasumber workshop ini, yaitu Muhammad Achsan. Beliau merupakan instruktur nasional kurikulum 2013. Selain itu, beliau juga merupakan Kepala Sekolah di SMP N 14 Semarang. Dalam kesempatan itu, narasumber menyampaikan ulang apa yang telah diterima oleh peserta dari workshop kurikulum 2013. Narasumber menjelaskan tentang cara menurunkan KD ke dalam materi pembelajaran hingga metode pembelajaran PAI yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Narasumber berharap setelah workshop kali ini peserta didik dapat merasakan bahwa cara mengajar gurunya saat ini telah berbeda menjadi menyenangkan dan mudah diterima.