Tue. Nov 29th, 2022

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Narasumber Ahli Sampaikan Pelatihan Penulisan Artikel Terindeks Scopus

2 min read

SALATIGA – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Terindeks Scopus di Grand Wahid Hotel Salatiga (26-28/10/2022).

Prof. Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, M.Pd dosen UAD sebagai narasumber menyampaikan kiat-kiat penulisan artikel terindeks scopus dan cara submit di jurnal scopus dengan status free. “How to make and publish Article in Scopus indexed Journal Luruskan niat dalam upaya hilirisasi hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah yang baik”, katanya.

Selanjutnya narasumber menyampaikan tentang Sejumlah Karakteristik Jurnal yang Baik (Best Practice) yakni 1) Peer-Review Artikel melalui proses review yang baik, mulai dari komentar yang membahas konten dan kajian yang komprehensif, serta di review oleh para expert di bidangnya. 2) Publication Fee sebagian besar tidak memiliki publication fee. Walaupun ada, biasanya untuk yang open access dengan biaya yang sesuai dengan kualitas penerbitnya. 3) Konsistensi sebagian besar memiliki jumlah terbitan pervolumenya yang konsisten dan sesuai dengan Focus & Scope jurnalnya. 4) Publisher Sebagian besar diterbitkan oleh penerbit, universitas, atau asosiasi keilmuan yang reputable. Hal ini juga dapat dilihat dari layout artikel yang baik dan konsisten.

Aprezo Pardodi Maba, M.Pd Sebagai narasumber kedua mengajak praktik dengan cara memberikan contoh mereview secara langsung setiap artikel yang sudah submit. Peserta diajak bedah artikel yang akan disubmit. “Ada tiga alasan utama naskah ditolak yakni masalah dengan penelitian, kepenulisan, dan editorial”.
Selanjutnya Aprezo menberikan gambaran tentang Sitasi dan Referensi, mematuhi aturan submit, dan mengajarkan cara cepat perubahan format penulisan jurnal dengan aplikasi. Selebihnya para peserta diberitahukan atas jurnal yang sudah dibuat mengenai kelebihan dan kesempurnaannya sebelum disubmit ke jurnal terindeks scopus.

Acara sendiri dibuka oleh Dekan FTIK Prof. Dr. Mansur, M.Ag dan penyampaian laporan oleh Dr. Suwardi, M.Pd Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembangaan selaku penyelenggara. Hadir dalam acara Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Administrasi Dr. Rasimin, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Hammam, Ph.D, Dosen senior dan peserta pelatihan sebanyak 38 peserta yang merupakan peserta akselerasi ke guru besar dan studi lanjut.

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.