Thu. Apr 22nd, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

FTIK Nambah Guru Besar: Prof. Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam Bidang Manajemen Pendidikan IPA

2 min read

(3/3/2021) – Hari ini Rabu, 3 Maret 2021 menjadi hari bersejarah untuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd selaku dosen di Tadris IPA telah dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang manajemen pendidikan IPA. Dengan dikukuhkannya beliau sehingga Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memiliki dua Guru Besar. Prof. Dr. Winarno, M.Pd. mengawali pecah telur sebagai guru besar dalam bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/Pembelajaran dan hari ini beliau menyusulnya. Meskipun beliau menjadi guru besar kedua di lingkup Fakultas namun menjadi yang pertama menjadi guru besar di Program Studi Tadris IPA.

Acara pengukuhan dilaksanakan di Gedung Aula Utama IAIN Salatiga. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, para Wakil Dekan, Kabag dan Kasubag Fakultas dan seluruh Pimpinan Prodi turut mengantar kebahagiaan dalam acara pengukuhan. Acara berjalan dengan khitmat dan penuh kesakralan hingga akhir prosesi pengukuhan. Acara diawali dengan seluruh jajaran senat IAIN Salatiga memasuki ruang sidang. Selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne IAIN Salatiga. Pembacaan Ayat Suci Alquran dan Doa menambah keheningan dan seolah rasa kebahagiaan ini menyeruak menjadi satu dalam alunan lantunan doa.  Kemudian Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag. membacakan Surat Keputusan Kemenag yang berisi tentang pengangkatan Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd sebagai guru besar.

Acara dilanjutkan dengan pidato Rektor dan orasi ilmiah pengukuhan guru besar Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Orasi Ilmiah yang disampaikan berjudul “Tafsir Sains Terpadu: Konsep Model Manajemen, Implementasi Teknologi, Penelitian, Publikasi yang Unggul Berskala Nasional dan Internasional”. Isi dari orasi ilmiah tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan oleh beliau selama bertahun-tahun. Hasil riset telah dipublikasi melalui buku, artikel prosiding, dan juga jurnal berskala nasional dan internasional. Beberapa karya beliau juga telah diHKI-kan. Tentu melalui kiprah beliau mengangkat eksistensi prodi tadris IPA dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada umumnya.

Selamat dan sukses Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd., semoga kariernya semakin cemerlang dan menginspirasi seluruh civitas akademika di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga.

VIVAT ACADEMIA!  VIVANT PROFESSORES!

(AFP-Humas FTIK)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.