Sun. Feb 23rd, 2020

KESAN POSITIF TERHADAP MAHASISWA PPL PROGRAM KKI ANGKATAN 2017

2 min read

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Khusus Kelas Internasional (KKI) angkatan 2017 pada tahun 2020 ini mendapatkan kesan positif dari tiga sekolah unggulan yaitu MAN Kendal, MAN 2 Kudus, dan MAPK MAN 1 Surakarta. Ketiga sekolah tersebut dipilih karena menjadi sekolah yang memiliki akreditasi A dan memiliki program boarding berbahasa Inggris dan Arab.

Mengawali kegiatan dengan penyerahan mulai tanggal 3 Januari 2020, mahasiswa tersebut menjalani hari-hari belajar mempersiapkan rencana pembelajaran dan mengajar selama 30 hari sampai dengan tanggal 8 Februari 2020. Selain mengajar di kelas-kelas regular pada siang hari, mereka juga aktif dalam pendampingan kelas Mahad baik sore, malam, dan setelah subuh. Sehingga 30 hari tersebut sungguh menjadi pengalaman berharga dan kesempatan emas untuk menimba ilmu praktik sebanyak-banyaknya.

Dari 2 sekolah yaitu MAN Kendal dan MAPK MAN 1 Surakarta selain memberikan kesan positif terhadap mahasiswa PPL, sekolah juga banyak berharap bisa bekerja sama di bidang yang lain misalnya pertukaran pelajar, penelitian, ataupun pengembangan materi ajar. Keinginan mereka tersebut juga disambut baik oleh DPL dan juga IAIN Salatiga sebagai bahan evaluasi dan diskusi di program-program pengembangan yang lain.

Sedangkan di MAN 2 Kudus, mahasiswa PPL mendapatkan kesempatan untuk mendampingi kelas public speaking bahasa Inggris di Mahad sekolah. Selain mendapatkan kesan positif akan kemampuan bahasa asing, mereka juga memberikan pendampingan yang bersifat berkelanjutan yaitu dengan tersusunnya modul public speaking untuk kelas tersebut. Kepala sekolah MAN 2 Kudus banyak berharap bahwa buku tersebut akan terus bisa dikembangkan untuk peningkatan kemampuan public speaking di MAN 2 Kudus.

Dalam acara-acara penarikan di ketiga sekolah tersebut, para kepala sekolah berharap bahwa tahun berikutnya bisa bekerjasama kembali untuk menjadi tempat PPL mahasiswa program KKI dari IAIN Salatiga. Khusus dari MAN 2 Kudus meminta adanya MoU agar lulusan program KKI yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan hafal Alquran untuk bisa magang dan mengajar di MAN 2 Kudus.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.