MALAM KEAKRABAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB 2019 DENGAN TEMA MENINGKATKAN DAYA SAING MAHASISWA BAHASA ARAB MELALUI PERSATUAN

iain salatiga

Pabelan- hmpspbaIAINSalatiga- HMPS PBA IAIN Salatiga menyelenggarakan malam keakraban (MAKRAB) yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab tahun 2019. Acara ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, bertempat di Kantor Kecamatan Pabelan. (7,8-9-19).

Makrab ini diadakan untuk menjalin rasa persaudaraan dan solidaritas mahasiswa baru PBA, sehingga mereka saling bekerjasama untuk mencapai keberhasilan di PBA.” Ucap Muhammad Wildanul Hishom selaku Ketua HMPS PBA.

Acara ini dibuka secara resmi pada Sabtu pukul 13.00 WIB oleh Ketua Program Studi PBA, beliau Ibu Dra. Ulfah Susilawati. Beliau menyampaikan agar senantiasa semangat untuk selalu belajar dan berproses di PBA. Selain Ketua Program Studi, dihadiri pula oleh Bapak Muhammad Mas’ud M.Pd sebagai pemateri dan juga merupakan dosen di PBA.

Dalam motivasinya, Bapak Mas’ud menyampaikan agar senantiasa gigih dan semangat untuk menggapai cita-cita. Selagi masih muda manfaatkan waktu sebaik mungkin, karna waktu tak bisa diulang kembali. Lebih lanjut beliau berpesan agar selalu menghormati orang tua dan berusaha untuk membahagiakan mereka. Jangan hanya mementingkan tren dan gaya masa kini tanpa peduli dengan keadaan orang tua yang banting tulang untuk membiayai anak mereka.

Para mahasiswa baru sangatlah antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Mereka hanyut dalam suasana pada saat renungan tentang orang tua yang dipandu oleh Bapak Mas’ud, mahasiswa baru pun menangis tersedu-sedu.

Acara berlanjut hingga malam dan dihadiri pula oleh SEMA dan DEMA IAIN Salatiga serta perwakilan HMJ FTIK. Acara malam hari diakhiri dengan inagurasi tiap kelompok dari mahasiswa baru.

Paginya, Ahad (8-9-2019) diadakan outbond serta lomba untuk tiap kelompok. Adapun lomba yang diadakan yaitu Qiro’atul Kutub, Syi’ir, dan juga Ghina’. Outbond dimulai pada jam 07.30- 10.00 WIB. Dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba tersebut. Setelah lomba terlaksana, pada jam 13.00 WIB dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan penutupan sebagai tanda berakhirnya acara ini.