Fri. Dec 13th, 2019

PBAK FTIK IAIN SALATIGA 2019

3 min read

Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik & Kemahasiswaan (PBAK) FTIK adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru yang bertujuan untuk mengenalkan kampus terkait keakademikan dan kemahasiswaan khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kepada mahasiswa baru. PBAK FTIK tahun ini mengambil tema, “Memayu Hayuning Winaya Madhyastha Agami” yang artinya memperbaiki dan mempreindah pendidikan yang dilandaskan pada moderasi islam yakni islam yang berada di tengah tidak memihak kebarat maupun ke timur namun memihak pada islam yang benar, pendidikan islam yang mengedepankan rahmatal lil ‘alamin. Pengenalan Buadaya Akademik dan Kemahasiswaan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada Kamis & Jum’at, 8 & 9 Agustus 2019 bertempat di Kampus 3 IAIN salatiga. PBAK wajib diikuti oleh Mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang belum melaksanakan.

Peserta PBAK tahun 2019 diikuti oleh 1200 peserta dengan masing-masing jumlah perjurusan: Pendidikan Agama Islam (PAI) 463 mahasiswa, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 69 mahasiswa, Tadris Bahasa Inggris (TBI) 168 mahasiswa, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 157, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 39 mahasiswa, Tadris Ilmu Pendidikan Alam (IPA) 114 mahasiswa, Tadris Matematika 116 mahasiswa, dan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 77 mahasiswa.

Konsep kegiatan PBAK ini yaitu yang pertama enjoy & fun, pada pembukaan acara (Kamis, 8/8/19) peserta disambut oleh grup Rebana PAI yaitu sebagai juara Lomba Rebana FTIK tahun 2019. Kemudian dilanjutkan dengan iringan karawitan dari Program Studi PGMI. Pada hari berikutnya (Jum’at, 9/8/19) peserta diajak untuk penampilan koreo dan senam pagi, dilanjutkan dengan penampilan tari dari Program Studi PIAUD.

Konsep yang kedua yaitu padat dan sarat materi, terdapat 5 materi dalam rangkaian acara PBAK tahun ini. Pertama yaitu materi Akademik oleh Bapak Suwardi, M.Pd. selaku Wakil Dekan I FTIK materi bidang akademik yang berisikan budaya akademik di IAIN Salatiga khususunya di FTIK IAIN Salatiga. Materi kedua yaitu tentang kemahasiswaan yang disampaikan oleh Bapak Hammam, M.Pd. selaku Wakil Dekan III FTIK materi bidang kemahasiswaan yang berisikan budaya dan etika kita selaku mahasiswa di IAIN Salatiga khususunya di FTIK IAIN Salatiga. Dilanjutkan dengan metri presentasi Program KKI yaitu Program Kelas Khusus Internasional dan pengenalan Program Studi masing-masing oleh HMPS. Kemudian materi selanjutnya yaitu terkait tema kegiatan yang disampaikan oleh Bapak Djisno. Dan materi yang terakhir yaitu CCDC (Cursus Character and Development Center)disampaikan oleh Ibu Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. yang lebih mengarah pada materi bagaimana menjadi mahasisawa yang mengerti akan tujuannya menjadi mahasiswa dan sadar dalam menjalani proses sebagai mahasiswa yang baik sebagaimana mestinya. Lebih menekankan kepada olah rasa dan olah hati mengenai motivasi masuk ke IAIN Salatiga, karena banyaknya mahasiswa yang menjalani kuliah dengan berat hati, bukan atas kehendaknya atupun mahasiswa merasa salah dalam mengambil jurusan.

[slideshow_deploy id=’1806′]

PBAK tahun ini juga mengambil konsep full  music dan talenta dengan adalanya Penampilan dari grup akustik dari Program Studi TBI. Panggung bebas yang disediakan untuk peserta PBAK agar menunjukkan bakat dan kreativitasnya. Terdapat pemilihan Mas dan Mbak Duta PBAK 2019 untuk mengapresiasi mahasiswa yang memiliki bakat dan rasa percaya diri.

Kegiatan PBAK dibuka dengan pembawa acara 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Peresmian pembukaan ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak Prof. Dr. Mansur, M.Ag selaku Dekan FTIK. Dan ditutup dengan penerbangan balon PBAK FTIK 2019 oleh Bapak Prof. Dr. Mansur, M.Ag selaku Dekan FTIK. Terdapat juga kegiatan bakti sosial untuk menumbuh dan mengembangkan jiwa sosial peserta terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Bakti sosial ini berupa penyaluran 1200 sandal jepit kepada masjid-masjid yang ada di  Salatiga dan sekitarnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.