Fri. Dec 13th, 2019

PBAK FTIK IAIN SALATIGA Progam Studi Tadris Bahasa Inggris 2019

2 min read

  PBAK (Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan) merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. PBAK IAIN Salatiga 2019 dilaksanakan tanggal 6-9 Agustus,  terbagi menjadi PBAK Institut dan fakultas.

Hmps (Himpunan Mahasiswa Progam Studi) TBI menyelenggarakan pengenalan jurusan pada hari pertama PBAK Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 8 Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan jurusan TBI, baik struktur organisasinya, fasilitas pembelajaran dan juga seputar kehidupan masyarakat TBI secara umum. Tema yang diambil kali ini adalah “Student Orientation to be a part of English Education Department”.

Bertempat di auditorium gedung Ahmad Dahlan, pengenalan jurusan ini diikuti sekitar 170an mahasiswa baru. Kegiatan ini dibuka dengan penampilan dari AEC (Art English Club) dengan menyuguhkan tarian tradisional.

pbi ftik iain salatiga (3)

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Diawali oleh ketua panitia Pbak jurusan serta  ketua Hmps TBI. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh ; Noor Malihah S.Pd M.Hum P.Hd selaku dosen jurusan TBI, Hanung Triyoko S.S M.Hum M.Ed selaku Kepala UPTPB IAIN Salatiga, Nur Mutmainah M.Pd selaku Sekretaris Jurusan TBI, yang juga membuka acara Pbak jurusan TBI mewakili kaprodi TBI yang berhalangan hadir.

Perbedaan acara Pbak tahun ini dengan tahun lalu terletak pada pengenalan jurusan TBI yang dilakukan melalui pemutaran video. Video yang ditampilkan sangat menarik terlebih talent yang mengisi adalah duta IAIN Salatiga dari jurusan TBI sendiri. Disamping  menjelaskan organisasi dan juga fasilitas yang ada di TBI, acara inti juga menampilkan beberapa prospek jurusan TBI. Selain banyak yang menjadi tenaga pengajar ternyata banyak alumni TBI yang menekuni bidang lain seperti menjadi Youtuber,Penulis, atau melanjutkan studi ke luar negri.

pbi ftik iain salatiga (2)

Harapannya setelah pengenalan jurusan TBI dilakukan, para Mahasiswa Baru dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, dan dapat mengerti bagaimana kehidupan kampus. Selain itu semoga mahasiswa baru termotivasi untuk terus semangat masuk kuliah dan tidak merasa salah jurusan atau terpaksa berada di jurusan TBI.

pbi ftik iain salatiga (1)

Untuk ice breaking Hmps TBI mengundang TBI band. Lagu-lagu yang dinyanyikan sangat bagus. Vokalis TBI band, Iftita Audina mampu mencairkan suasana yang tadinya mulai penat. Ditambah penampilan memukau dari tiap personil band mampu membuat seisi auditorium bergemuruh.

Acara penutup dilakukan dengan pembagian doorprize kepada peserta. Dilanjutkan promosi seputaran makrab (malam keakraban) mahasiswa baru TBI. Yang akan di agendakan 7-8 September 2019 di Pabelan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.