PPL Luar Negeri Mahasiswa PKKI FTIK IAIN Salatiga tahun 2019

IMG-20190921-WA0021

Program Pengembangan Profesi atau biasanya di sebut PPL (Program Pengenalan Lapangan) adalah program magang dalam bentuk mengajar di sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dengan IAIN Salatiga. Untuk mahasiswa PKKI (Program Khusus Kelas Internasional), mereka diwajibkan untuk mengajar di sekolah luar negeri yang pada tahun 2019 ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SIKL (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur) Malaysia, SIKK (Sekolah Indonesia Kota Kinabalu), dan SIB (Sekolah Indonesia Bangkok).
.
Pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dari prosesi penyerahan pada tanggal 05 Agustus 2019 secara serentak oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) masing-masing sekolah. Untuk SIB, DPL dari IAIN Salatiga diwakili oleh Bapak Miftachudin, MA yang diterima langsung oleh Atase Pendidikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Thailand. Begitu pula dengan DPL untuk SIKL, Ibu Sari Famularsih, MA mendapatkan kesempatan selain diterima oleh kepala sekolah juga oleh Bapak Atase Pendidikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia. Sedangkan DPL untuk SIKK, yaitu Bapak Norwanto, Ph.D diterima oleh Bapak Konjen (Konsulat Jenderal) Kota Kinabalu Malaysia karena wilayah tersebut terdapat kantor perwakilan konsuler Indonesia.IMG-20190920-WA0015
.
Kegiatan PPL tersebut berlangsung selama 30 hari yang diikuti oleh 17 orang mahasiswa dari 3 jurusan yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam. Mahasiswa tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 sampai dengan 6 orang dengan kombinasi 3 jurusan tersebut.
.
Mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 03 September 2019, kegiatan PPL ditutup dengan prosesi penarikan yang dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan masing-masing sekolah. Tim DPL penarikan yang terdiri dari dua orang untuk masing-masing sekolah datang untuk mengucapkan terima kasih, berkoordinasi, dan melakukan evaluasi secara langsung dengan Kedutaan Besar dan ketiga sekolah tersebut.
.IMG-20190920-WA0011
Penyambutan yang ramah dan menyenangkan dari pihak Kedutaan Besar dan sekolah baik selama prosesi penyerahan, magang, dan penarikan memberikan kesan positif dalam kegiatan PPL tahun 2019. Kinerja mahasiswa yang rajin dan sesuai dengan standard prosedur sekolah dan dosen pamong adalah nilai balik yang disampaikan oleh pihak sekolah yang untuk dilanjutkan dalam kegiatan PPL di tahun-tahun berikutnya.