Thu. Jan 28th, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Prodi BKPI Selenggarakan Webinar Internasional

2 min read

Dalam suasana pandemi covid-19 serta menyongsong new normal, mash banyak problem yg dialami siswa, guru dan orangtua dalam menciptakan suasana psikologis yg mendukung belajar. Menyikapi persoalan tersebut, Program Studi BKPI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema, “Revitalisasi Peran Bimbingan dan Konseling di Era New Normal” dengan sub tema, “Strategi Konseling di Era New Normal”, “Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Setting Kehidupan”, serta “Implementasi Inovasi Bimbingan Konseling di Era New Normal”. Webinar diselenggarakan pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 dan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom dan YouTube pada pukul 09.00-12.00 WIB.

Menurut Ibu Dr. Lilik Sriyanti selaku Kaprodi BKPI, latar belakang diselenggarakannya webinar ini adalah melihat fakta di lapangan bahwa ternyata pandemi covid-19 banyak menimbulkn problem psikologis  dan problem belajar pada anak. Rasa  jenuh bosan, cemas, ketakutan, marah datang silih berganti. Pertengkaran anak dengan orang tua juga kerap terjadi selama anak belajar di rumah. Bimbingn konseling mempunyai peran  menetralisir berbagai persoalan yg terjadi pada anak, guru dan orang tua.

Narasumber pada webinar ini  merupakan para pakar di bidang psikologi, serta bimbingan dan konseling yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri, di antaranya Ahmad Rozelan Yunus, Ph.D. (Associate Professor of Counselling Psychology) dari Universiti Teknikal Malaysia (UTeM) serta Dr. Lilik Sriyanti (Kaprodi BKPI FTIK IAIN Salatiga). Webinar dipandu oleh Dr. Wahidin, M.Pd. (Dosen IAIN Salatiga).  Webinar diikuti oleh sekitar 300 peserta yang sebelumnya telah melakukan registrasi terlebih dahulu. Peserta datang dari latar belakang yang bermacam-macam seperti dosen, peneliti, guru, dan mahasiswa.

Menurut Ibu Lilik Sriyanti selaku Kaprodi BKPI sekaligus narasumber, tujuan dari webinar ini adalah untuk mengokohkan peran guru di sekolah dalam mengatasi dan mencegah problem sebagai dampak pandemi covd-19, serta agar Guru BK mampu melakukan mediasi  mengatasi hambatan belajar dan kesulitan mengajar guru serta mengoptimalkan potensi peserta didik. Harapannya, melalui webinar ini  guru BK dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan bimbingan dan konseling mempunyai bekal dalam mendampingi anak-anak berbasis daring, mempunyai inovasi baru dalam memberikan layanan BK, mampu menerapkan strategi konseling di era new normal serta mengetahui berbagai teknik bimbingan konseling. (SA)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.