Thu. Jan 28th, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Prodi PAI Selenggarakan Webinar Model Pembelajaran Praktik Jarak Jauh

2 min read

Merespon kebijakan pemerintah terkait pemberlakuan pembelajaran daring untuk sekolah, madrasah, serta perguruan tinggi di masa new normal, Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga menyelenggarakan Webinar Nasional bertajuk, “Model Pembelajaran PAI Jarak Jauh”. Webinar diselenggarakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2020 dan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom dan YouTube pada pukul 09.00-12.00.

Latar belakang diselenggarakannya webinar ini adalah karena sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi memberlakukan pembelajaran daring dan sebagian besar mata pelajaran PAI berbentuk praktik.  Oleh sebab itu, webinar ini mencoba membekali guru dan dosen tentang bagaimana membuat model pembelajaran praktik PAI jarak jauh agar tujuan pembelajaran PAI bisa tercapai secara maksimal meskipun menggunakan daring.

Narasumber pada webinar ini  merupakan para pakar pendidikan agama Islam yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya Dr. Syamsun Ni’am , M.Ag. (Dosen IAIN Tulungagung dan Asessor BAN PT) serta Dr. Saifullah Idris, S.Ag.,M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN  Ar-Raniry Banda Aceh). Webinar  dipandu oleh Purnomo, M.Pd.I (Dosen PAI IAIN Salatiga).  Webinar diikuti oleh sekitar 300 peserta yang sebelumnya telah melakukan registrasi terlebih dahulu. Peserta datang dari latar belakang yang bermacam-macam seperti dosen, peneliti, guru, dan mahasiswa.

Menurut Kaprodi PAI IAIN Salatiga, Dra. Siti Asdiqoh, M.Si,  tujuan dari webinar ini diantaranya adalah  memberikan gambaran kepada peserta tentang model pembelajaran PAI praktikum di masa pandemi.  Setelah mengikuti webinar peserta diharapkan mampu menciptakan alat peraga PAI berbentuk praktik secara mandiri yang berbasis jarak jauh, mempu menjadi seorang guru atau dosen yang adaptif, kreatif, dan inonatif dalam mengimplementasikan model pembelajaran praktik  PAI dalam kondisi apapun, serta mampu merancang perangkat pembelajaran yang efektif dan efisien. (SA)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.