Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)

SEJARAH

Prodi PGRA mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2013/2014. Prodi PGRA mendapat legitimasi untuk melakukan penyelenggaraan program studi Strata 1 (satu) sesuai Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor : 2866 Tahun 2012 tertanggal 28 Desember 2012.

VISI

Menjadi program studi yang sepenuh hati berdedikasi, berkarya, dan menorehkan prestasi dalam upaya membentuk sarjana muslim yang kompeten dalam bidang pendidikan prasekolah, berdaya saing tinggi, dan berakhlak mulia.

MISI

Adapun misi prodi PGRA STAIN Salatiga (1) Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran RA secara sinergis untuk membekali lulusan dengan kemampuan bersaing di pasar global dan siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, (2) Menggiatkan penelitian untuk mengembangkan RA dan terapannya yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu RA, (3) Melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu RA sehingga meningkatkan apresiasi RA dalam rangka lebih membumikan RA pada masyarakat, (4) Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak lain, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendukung kualitas pendidikan RA.

TUJUAN UMUM

Memberikan kesempatan luas kepada masyarakat khususnya lulusan SMA dan Madrasah Aliyah (MA) atau sederajat untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas dalam bidang PGRA dengan basis keIslaman.

TUJUAN KHUSUS

Menyiapkan lulusan yang siap sebagai pendidik dengan ketrampilan dan keahlian yang dimiliki dalam hal : (1) integritas kepribadian yang tinggi, bersikap terbuka dan tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, (2) kemampuan berpikir logis dan analitis dalam proses abstraksi, generalisasi dan interpretasi dalam memanfaatkan RA untuk menyelesaikan suatu permasalahan, (3) kemampuan untuk memahami dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mengajar RA sehingga dapat mengembangkan diri secara mandiri baik dalam profesi yang ditekuni maupun bidang lain yang terkait, (4) wawasan pengetahuan yang luas dan mendalam dalam bidang RA serta mampu beradaptasi dengan lingkungan, (5) penguasaan bidang RA aplikatif untuk mendukung perilaku berkarya dalam usaha produktif di masyarakat, (6) pengetahuan dasar yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu menerapkan keilmuan dan keahliannya pada jenjang pendidikan dini dengan menjunjung tinggi nilai-nilai intelektualitas, profesionalitas dan spiritualitas. Strategi yang dikembangkan untuk mencapai keberhasilan adalah dengan mengoptimalkan sumber daya internal yang ada dan menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang terkait.

PROSES PENJAMINAN MUTU AKADEMIK

Untuk proses penjaminan mutu akademik di prodi PGRA, pengendalian mutu akademik akan berbasis PDCA (Plan, Do, Check, Action). Proses ini sesuai dengan TQM (Total Quality Management) sebagai pendekatan atau model penjaminan mutu akademik. Proses penjaminan mutu akademik berbasis PDCA ini akan menghasilkan perbaikan mutu akademik pendidikan secara berkelanjutan (continuous improvement). Pada tahap check terdapat titik-titik kendali mutu (quality check points) di mana setiap stake holder yang terlibat harus mengevaluasi atau mengukur hasil pelaksanaan tugasnya dengan standar atau sasaran mutu yang telah ditetapkan. Penetapan titik-titik kendali mutu ini dilakukan pada setiap satuan kegiatan untuk setiap butir mutu. Sebagai contoh, tes formatif yang dilakukan akhir setiap pokok bahasan merupakan titik kendali mutu dalam proses perkuliahan. Apabila hasil evaluasi atau pengukuran ternyata telah mencapai standar mutu yang ditetapkan sebagaimana dirumuskan dalam bentuk tujuan perkuliahan, maka proses perencanaan (plan) berikutnya untuk standar mutu ditingkatkan sehingga terjadi peningkatan mutu secara berkelanjutan. Namun, apabila hasil evaluasi atau pengukuran ternyata standar atau sasaran mutu yang ditetapkan sebagaimana dirumuskan dalam bentuk tujuan perkuliahan belum tercapai, maka harus diklakukan tindakan (action) agar standar atau sasaran mutu dapat tercapai. Action yang dapat dilakukan antara lain dengan mengulangi pembahasan pokok bahasan yang bersangkutan hingga tujuan perkuliahan untuk pokok bahasan itu tercapai.

DOSEN

Secara umum dapat disampaikan tahun ajaran 2013/2014 dosen tetap prodi PGRA ada 6 dosen dengan kualifikasi yang pas untuk mendorong kemajuan prodi ini. Keenam dosen tersebut antara lain Dra. Lilik Sriyanti, M.Si, Dra. Siti Farikhah, M.Pd, Drs. Ahmad Sultoni, M.Pd, Rr. Dewi Wahyu Mustikasari, M.Pd, Wahidin, S.Pd.I., M.Pd., serta Muna Erawati, M.Si. Disamping itu, untuk membantu mahasiswa mengembangkan keilmuan akademis secara optimal, prodi ini juga memilih dosen-dosen yang ada di lingkungan STAIN Salatiga sesuai dengan keilmuan yang dimiliki, sehingga mahasiswa akan diajar oleh dosen yang memiliki kualifikasi keilmuan dalam bidangnya.

http://pgra.tarbiyah.iainsalatiga.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>