SEMINAR NASIONAL DAN RAPAT KERJA WILAYAH II (JAWA, BALI, NUSA) IKATAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING INDONESIA 2019 DI IAIN SALATIGA

BKPI

Salatiga, 29 Juli 2019, IAIN Salatiga, pada hal ini HMPS BKPI IAIN Salatiga mendapatkan kesempatan menjadi Tuan Rumah pada acara Rapat Kerja Wilayah II (Jawa, Bali, Nusa) Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) 2019. Acara tersebut terlaksana mulai hari Kamis s.d. Sabtu, 25 s.d. 27 Juli 2019 yang berlangsung di Kampus 1 dan 3 IAIN Salatiga. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Pengurus Pusat IMABKIN, Pengurus Wilayah II IMABKIN yang pada kesempatan ini juga dilantik oleh Pengurus Pusat di Aula Kampus 1 IAIN Salatiga. Selain itu acara ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa delegasi dari perguruan tinggi dengan Program Studi BK/BKPI yang tersebar di Wilayah II IMABKIN (Jawa, Bali, Nusa). 

Kegiatan yang diketuai oleh Saudari Ati Faturrahmawati ini memiliki beberapa rundown acara yang tentu sangat menginspirasi Mahasiswa pada umumnya, dan Mahasiswa Program Studi BK/BKPI pada khususnya. Dikesempatan ini, Panitia mengadakan beberapa perlombaan pada tanggal 1-13 Juli 2019 yang diikuti oleh Mahasiswa IAIN Salatiga dan Mahasiswa Program Studi BK/BKPI di Wilayah II IMABKIN dengan tema “Optimalisasi Peran BK di Era Millenial”. Perlombaan tersebut adalah: Cipta Puisi yang dimenangkan oleh: Juara I (Hantu karya Nurunnisa R. Buana mahasiswa TBI IAIN Salatiga); Juara II (Pemecah Cakrawala karya Isma Sabrina mahasiswa TBI IAIN Salatiga); Juara III (Di Laut Senja karya Hadifah Nurul Fikriyah mahasiswa BK UPI), Membuat Artikel yang dimenangkan oleh: Juara I (Optimalisasi Bimbingan dan Konseling Multikultural dengan Media Aku Cinta Indonesia sebagai Upaya Strategis Pengutan Kebhinekaan Peserta Didik Sekolah Menengah karya Kristiana Firdausi mahasiswa BK UNS); Juara II (E-Career sebagai Media BK Guna Memberikan Informasi Mengenai Peminatan Jurusan di Perguruan Tinggi pada Siswa karya Emilia Nurpitasari mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan); Juara III (Section Game: Aplikasi Edukasi Berbasis Kahoot sebagai Media Pembelajaran yang Inovatif serta Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Pada Remaja dan Pelajar Sekolah Menengah karya Aji Santosa mahasiswa ES IAIN Salatiga), dan membuat video pendek yang dimenangkan oleh: Juara 1 (Melangkah karya Atonius Ian Bayu Setyawan dan Kawan-Kawan mahasiswa BK UNY); Juara II (Sekolah Syndrome karya Kelik Tri Tiritokusuma dan Kawan-Kawan mahasiswa BK UNY); Juara III (Siapa karya Wahid Sangaji dan Kawan-Kawan mahasiswa BK UNY).

SEMINAR BKPI

(25/7) Kegiatan yang dihadiri lebih dari 40 mahasiswa Program Studi BK/BKPI yang berasal dari berbagai macam Perguruan Tinggi di Wilayah II IMABKIN ini juga digunakan Pengurus Pusat IMABKIN untuk melantik sekitar 27 orang Pengurus Wilayah II IMABKIN terpilih periode 2019-2021. “Saya sangat terharu karena setengah dari pengurus bisa hadir untuk mengikuti Rakerwil dan prosesi Pelantikan. Bangga dengan pengurus yang rela datang jauh-jauh. Ada yang dari ujung Madura dan ujung Banten. Lalu bangga juga dengan teman-teman panitia penyelenggara Rakerwil yang sudah memberikan fasilitas dan pelayanan yang sangat luar biasa.” Tutur ketua pengurus wilayah II terlantik, Muhamad Rai (UNY). “Manuk Glatik cucuk e abang, bar dilantik ayo berjuang. Harapan kami kepada kepada kepengurusan PW II IMABKIN 2019-2021 mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggapai asa dan cita organisasi ini serta memberikan kegiatan-kegiatan pengembangan di bidang ilmu konseling.” Pesan Ahmad Roy Rohmadi (UN PGRI Kediri), ketua Pusat IMABKIN. Kegiatan ini dibuka Oleh Bapak Hamam, M.Pd., Ph.D. sebagai Wakil Dekan III FTIK IAIN Salatiga. “Keterampilan Pendidik menjadi pendengar yang baik bagi para peserta didiknya di Sekolah niscaya membuat mereka betah belajar di Sekolah” pesan beliau diupacara pembukaan Rapat Kerja Wilayah II IMABKIN 2019. Selain itu, dalam wawancara ekslusif bersama Wadek III FTIK IAIN Salatiga, beliau mengatakan “Pesan saya untuk Pengurus IMABKIN Wilayah II, pertama adalah peningkatan pendampingan kepada para mahasiswa, kedua pendampingan para siswa di sekolah, penguatan lembaga biro konseling di sekolah-sekolah, dan ketiga adalah mengadakan pelayanan konseling-konseling di masjid-masjid. Saya pikir dengan begitu Eksistensi IMABKIN, terutama IMABKIN Wilayah II akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara umum”.

Yang kemudian pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional “Let’s be a Good Millenial’s Person With Peer Counseling” yang disampaikan oleh Ibu Faedah Utami, S.Psi., M.Si. (Instruktur Guru BK Nasional) dan Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. (Wakil Dekan II Fakultas Syariah IAIN Salatiga). Seminar Nasional ini diikuti oleh lebih 200 orang yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, dan para praktisi BK ini berakhir pada pukul 16.00 WIB. Pada pukul 19.00 WIB, kegiatan Rakerwil II IMBAKIN 2019 dilanjutkan dengan diadakannyaRapat Pleno para peserta Rapat Kerja Wilayah II IMABKIN yang dipimpin langsung Pengurus Pusat dan berakhir pada pukul 10.45 WIB.

(26/7) Pukul 07.00 WIB, kegiatan dihari kedua ini adalah melanjutkan Rapat Pleno di hari pertama dengan Presidium I (Mustofa mahasiswa IAIN Madura); Presidium II (Alfian Nuril Huda mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta); Presidium III (Ikrar Fadhilah Muharam mahasiswa UPI) yang membahas berbagai macam hal yang akan dilakukan para Pegurus Wilayah II IMABKIN periode 2019-2021, yang berakhir pada pukul 11.00 WIB. Dilanjutkan ibadah sholat Jum’at bagi laki-laki, dan istirahat bagi perempuan.

Pada pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan penampilan-penampilan dari para siswa Sekolah Autis Talenta Kids yang telah bekerjasama dengan HMPS BKPI IAIN Salatiga pada kegiatan “Pengabdian Autisme” beberapa bulan lalu. Para siswa menampilkan kemampuan mereka dan berhasil memukau para peserta Rakerwil II IMABKIN 2019. Pada kesempatan ini, Dr. Lilik Sriyanti selaku Ketua Prodi BKPI IAIN Salatiga sekaligus pemilik Sekolah Autis Talenta Kids membagikan ilmunya dan pengalamannya mengenai bagaimana beliau dapat membangun sekolah tersebut dari nol. Empat anak berkebutuhan khusus yang mewakili siswa Sekolah Autis Talenta Kids menampilkan Talenta menyanyi dan menari mereka yang epik. Acara tersebut selesai pukul 16.30 WIB, dan para peserta Rakerwil II IMABKIN kembali ke penginapan.

Masih dihari yang sama, pada pukul 19.30 WIB, diadakan upacara penutupan acara Rapat Kerja Wilayah II IMABKIN 2019 di Auditorium Gd. Ahmad Dahlan, Kampus 3 IAIN Salatiga. Acara ini ditutup langsung oleh Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. selaku Kaprodi BKPI IAIN Salatiga. “Saya berharap kepada pengurus wilayah II IMABKIN yang baru saja dilantik bisa amanah dalam menjalankan tugas, karena bagaimana pun tugas yang dibebankan merupakan tugas sosial bukan tugas yang bergaji. Karena itu setiap perjuangan, setiap langkahnya itu merupakan tetesan keringat yang Insyaa Allah akan diganti oleh Allah SWT. yang tentu kita tidak akan mendapatkan materi tapi akan mendapatkan pengalaman, banyak relasi, dan tentu akan mendewasakan diri, dan karena ini gabungan beberapa perguruan tinggi, baik tidaknya nama anda akan membawa nama perguruan tinggi masing-masing.” Tutur Ketua Program Studi BKPI IAIN Salatiga.

(27/7) Acara memang sudah ditutup, namun tidak dengan kebersamaan para peserta Rakerwil II IMABKIN 2019 di IAIN Salatiga. Sebelum pulang, peserta Rakerwil II IMABKIN 2019 melakukan Field Trip ke Candi Gedong Songo dan Taman Bunga Celosia. Selain untuk berekreasi, Field Trip ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata yang ada di dekat Salatiga. Sehingga akan lebih banyak orang mengetahui tempat-tempat asri yang sangat direkomendasikan untuk didatangi ketika menyambangi kota Salatiga.

“Harapan saya, Mahasiswa BK harus lebih dekat kepada masyarakat karena sekarang banyak orang yang ingin didengar, banyak tuntutan, banyak tugas, dan anak-anak sekarang banyak menggunakan mobile phone untuk sosial media, banyak dampak yang dihasilkan itu negatif dan itu saya pikir merupakan tugas guru BK untuk mendampingi secara baik para siswa di sekolahnya.” Pesan Bapak Hamam, M.Pd., Ph.D. untuk mahasiswa BK Indonesia.

“Saya berharap mahasiswa BK harus lebih semangat, lebih mengembangkan diri, dan mengikuti setiap perkembangan yang ada. Mahasiswa BK baik Perguruan Tinggi Umum maupun Keagamaan saya berharap bisa semakin menyatu, bisa sharing satu sama lain.” Pesan Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. ketika diwawancarai (29/7).

“Mari bersama kita mewujudkan Eksistensi IMABKIN berdasarkan kontribusi dari kata menjadi aksi nyata. Apresiasi yang setinggi untuk semua unsur yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini, terkhusus HMPS BKPI IAIN Salatiga yanng meskipun baru bergabung dengan IMABKIN namun mampu membuktikan untuk mennyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional. Kita saling melengkapi, saling mengingatkan, saling belajar dan berbuat manfaat. Mari mulai dan selesaikan perjuangan. IMABKIN Jaya! IMABKIN Bergerak! Mengabdi! Menginspirasi!” Tutur ketua pusat IMABKIN, Ahmad Roy Rohmadi (UN PGRI Kediri).

“Harapan saya untuk semua teman-teman mahasiswa BK di Wilayah II IMABKIN yaitu mampu mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai Social Control, Iron Stock, Agent of Change. Oleh karena itu IMABKIN telah menyediakan tempat yang potensial untuk membantu dalam proses pengoptimalannya. Yang jelas ketika kalian sudah siap menerima kesusahan yang ada, pada akhirnya kalian akan berkata “untungnya” bukan “seandainya”. Secara keseluruhan kegiatan Rakerwil II IMABKIN 2019 di Salatiga sangat luar biasa eksekusi dilapangan sudah optimal. Sarannya ditingkatkan lagi komunikasi antar panitia sehingga masalah misscomunicasi bisa lebih minim lagi. Tetap semangat, jaga kekompakan dari BKPI IAIN Salatiga.” Pesan yang disampaikan oleh Ketua PW II IMABKIN yang dilantik kemarin (25/7), Muhamad Rai (UNY).