Mon. Apr 29th, 2024

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

Jurusan PBA Mengadakan Workshop Pembelajaran Bahasa Arab

1 min read

pba2

Selasa (13/03), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga mengadakan Workshop Pembelajaran Bahasa Arab. Acara ini bertempat di Aula lantai 3 Gedung KH. Ahmad Dahlan Kampus 3 IAIN Salatiga dengan Tema “Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab bagi Non-Arab”.

Workshop ini menghadirkan pembicara dari Libya yaitu Dr. Abdul Wahab Al-Hamiy, dosen di Universitas Zawiya, Libya. Sebelum menyampaikan materi, acara terlebih dahulu diawali dengan penampilan-penampilan mahasiswa PBA dan kata sambutan dari Ketua Jurusan PBA, Dra. Ulfah Susilowati, M.SI dan dari Wakil Dekan 3 FTIK bagian kemahasiswaan dan kerjasama, Achmad Maimun, M.Ag.

pba3

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 3 menyampaikan ucapan selamat datang di kampus IAIN Salatiga dan ucapan terimakasih atas kehadiran narasumber pada workshop ini, serta harapannya kepada para mahasiswa untuk bisa memanfaatkan acara ini dengan sebaik mungkin karena moment bertemu dengan dengan penutur bahasa aslinya seperti ini sangat jarang. Sementara itu, Ketua jurusan PBA juga menyampaikan kepada peserta akan pentingnya penguasaan strategi belajar maupun mengajar kosakata atau mufradât yang merupaka pokok dalam menguasai skill berbahasa.

pba

Menurut narasumber, strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab bisa dilakukan dengan pendekatan linguistik maupun non linguistik. Pendekatan linguistik misalnya dengan mendeskripsikan pengertian kosakata itu (at-ta’rîf) dan menyebutkan sinonim (at-taráduf) serta antonim (at-tadhâd) dari kata itu. Sementara pendekatan non linguistik misalnya yaitu dengan gambar (al-shûrah), isyarat (al-isyârah) dan peragaan (at-tamtsîl). Hadir dalam acara ini kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa PBA, dosen dan tamu undangan.

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu