Sat. Apr 27th, 2024

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

Program Studi BKPI FTIK IAIN Salatiga Gelar Seminar Strategi Konseling di Era Milenial

2 min read

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga menyelenggarakan seminar nasional dengan mengangkat tema Strategi Konseling di Era Milenial. Seminar yang diikuti oleh puluhan guru Bimbingan dan Konseling (BK) dari berbagai kabupaten itu bertujuan membekali guru BK tentang strategi konseling yang tepat bagi generasi milenial.
Ketua penyelenggara Dr Lilik Sriyanti MSi sekaligus ketua Program Studi BKPI, mengungkapkan bahwa keilmuan Bimbingan dan Konseling terus mengalami perkembangan. Banyak inovasi baru dalam strategi konseling, karena itu guru BK perlu terus belajar mengembangkan diri, mengikuti, dan menerapkan inovasi teknik konseling agar dapat menjalankan perannya secara maksimal di era milenial.
“Dunia pendidikan saat ini menghadapi generasi milenial dengan gadged sebagai senjata utama kehidupan. Kepemilikan akun di berbagai sosial media merupakan ciri khas remaja masa kini, yang kadang mengundang bahaya bagi pemiliknya. Dasyatnya perkembangan teknologi informasi menyebabkan perubahan pola pikir dan perilaku remaja. Streaming native, berbagi kata sandi, penggunaan situs porno, game online makin menggejala dimana-mana tanpa memperhitungkan resiko dibaliknya. Berkaca dari itulah kami menyelenggrakan seminar ini,” ucapnya.
Sementara itu Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Hammam Ph.D yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa sekolah adalah rumah kedua bagi peserta didik. Sehingga harus diciptakan senyaman mungkin agar anak betah di sekolah. “Guru BK mempunyai peran besar dalam membawa suasana sekolah yang menyejukkan,” katanya.
Seminar yang dikemas dalam bentuk pelatihan tersebut menghadirkan praktisi dalam bidang pengembangan SDM Indah Prestyowati, SPsi dengan mengenalkan seperangkat tools yang dapat digunakan untuk mengungkap masalah, membangun keterbukaan, membuka insight baru, menumbuhkan motivasi dalam kegiatan konseling. Dengan tools tersebut seseorang berkembang, bergerak maju dan mampu memecahkan masalah dengan potensi yang dimilikinya

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu