Fri. Apr 25th, 2025

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

Pendidikan Bahasa Arab

Pendahuluan

Pada tahun 1987 diterbitkan Keputusan Presiden Nomor : 9 Tahun 1987 tentang status IAIN/Fakultas sebagai justifikasi yuridis yang menguatkan eksistensi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Salatiga dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pada tahun 1990 didirikan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) untuk memenuhi tuntutan animo yang berkeinginan untuk memperdalam bahasa Arab dan pengajarannya.

Hingga pada puncak pembenahan sarana prasarana, tenaga edukatif dan administrasi serta semakin meningkatnya animo masyarakat maka secara yuridis mulai tanggal 21 Maret 1997 dengan Keputusan Presiden RI Nomor : 11 Tahun 1997, Fakultas Tarbiyah beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga dengan Jurusan Tarbiyah dan Syariah, sedangkan Pendidikan Bahasa Arab beralih menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di bawah Jurusan Tarbiyah.

Visi

Menjadi wadah pencetak Guru Bahasa Arab yang profesional.

Misi

– Menyelenggarakan proses pembelajaran Bahasa Arab yang berkualitas;

– Mengembangkan kemampuan profesional dan potensi akademik;

– Menyelenggarakan sistem pendidikan yang akademis dan religius.

Tujuan

Menghasilkan Sarjana Muslim yang mampu menjadi Guru Bahasa Arab pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kompetensi

KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR KOMPETENSI
1.  Memahami wawasan pendidikan dan keislaman secara komprehensif
  1. Menjelaskan dan menguraikan wawasan pendidikan umum dan Islam: sejarah, filsafat, kebijakan, teori, tokoh dan pemikirannya, metodologi dan institusi.
  2. Mampu menjelaskan aplikasi teori-teori pendidikan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
2.  Menguasai substansi ilmu-ilmu Bahasa Arab dan metodologi pembelajarannya.
  1. Mampu menjelaskan substansi ilmu-ilmu Bahasa Arab: linguistik teoritis dan terapan, ilmu al-ashwat, ilmu as-sharf, ilmu an-nahwiy, ilmu al-balaghah dan ilmu ad-dilalah.
  2. Mampu menjelaskan wawasan metodologi pembelajaran Bahasa Arab, pendekatan, metode, teknik, media dan evaluasi.
3.  Memiliki sikap demokratis.
  1. Memberikan kebebasan berpendapat.
  2. Menghargai pendapat orang lain.
  3. Tidak memaksakan kehendak.
4.  Memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
  1. Menekuni dan mencintai profesinya.
  2. Melaksanakan tugas secara efisien dan efektif.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan profesi.
5.  Mencintai ilmu pengetahuan
  1. Meningkatkan dan mengembangkan ilmu dan kemampuan akademik yang dimiliki.
  2. Menghargai disiplin ilmu orang lain.
6.  Memiliki sikap responsif, inovatif dan kreatif.
  1. Tanggap terhadap perkembangan pembelajaran  Bahasa Arab.
  2. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab.
  3. Menghasilkan kreasi-kreasi baru dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Website

pba.tarbiyah.iainsalatiga.ac.id

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu