Thu. Apr 25th, 2024

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

1173 Mahasiswa baru STAIN Salatiga Mengikuti Studium General

3 min read

studium generale

1173 Mahasiswa baru STAIN Salatiga Mengikuti Kuliah Umum

Senin 2 September 2013 mahasiswa baru STAIN Salatiga mengikuti kuliah umum sebagai bagian dari rangkaian acara yang diikuti oleh mahasiswa setelah registrasi dan mengikuti acara OPAK selama 4 hari di kampus I dan II. Pada kuliah umum kali ini dengan mengambil tema “ Pemanfaatan teknologi informasi bagi keberhasilan studi dan masa depan mahasiswa” pada tahun akademik 2013/2014 Kuliah umum dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula Kampus I STAIN Salatiga dan Gedung Korpri Salatiga.

Acara Kuliah Umum tersebut dibuka langsung oleh Ketua STAIN Salatiga bapak Dr. Imam Sutomo, M.Ag di aula I Kampus STAIN Salatiga sedangkan yang di Gedung Korpri dibuka oleh bapak Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd (Wakil Ketua Bidang Akademik) ada beberapa pesan yang disampaikan pada mahasiswa baru pada kuliah umum tersebut kuliah umum merupakan tradisi di perguruan tinggi bagian dari civitas akademik sebagai awal untuk mengikuti perkuliahan nantinya. Dalam proses perkuliahan membaca dan kebiasaan membaca adalah hal penting yang harus dilalui mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan serta mengikuti  tradisi ilmiah yaitu diskusi, kajian-kajian dalam forum-forum ilmiah untuk menambah khasanah pengetahuan mahasiswa.

Dalam acara tersebut pembicara pertama bapak Dr. Winarno, M.Pd menjelaskan Etika dalam berinternet tulisan santun karena di baca banyak orang (facebook, twitter, dll),plagiasi (menyonek / copy-paste) tulisan dihindari broswing sumber yang kapabel (jangan asal alamat), kunjungi web stain salatiga (www.stainsalatiga.ac.id), kunjungi web forum dosen dan matakuliah, kunjungi web kemenag (www. kemenag.go.id), kunjungi web direktorat pendidikan tinggi islam , (diktis) www.diktis.kemenag.go.id. Sedangkan hal yang harus dilakukan mahasiswa dalam menggunakan internet untuk membantu tugas kuliah gunakan google trasnlate untuk belajar bahasa inggris dan bahasa arab serta terjemahan gunakan google drive untuk menyimpan file, browsing semua yang bisa menambah skill anda (berita, kesehatan, peluang kerja, pendidikan, bahkan jodoh, dll)

Sedangkan pembicara kedua bapak Dr. Budiyono Saputro, M.Pd menyampaikan pentingnya IT, etika dan peran dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Lingkungan kita mengalami perubahan yang terus menerus dan bersifat fundamental, yang dipicu oleh perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Dalam skala nasional telah terjadi reformasi politik yang merambah ke semua sector pembangunan. Sedangkan dalam skala global kita harus mengikuti tuntutan perubahan berupa penerapan prinsip demokratisasi, pelestarian lingkungan hidup, penegakan hak azasi manusia, dan berbagai isu global lain. Menghadapi tantangan perubahan dalam segala aspek lingkungan kehidupan, setiap masyarakat perlu menyesuaikan diri dengan perubahan itu agar dapat berkembang dan sejajar dengan masyarakat lain..

Akses atas informasi dapat diperoleh dengan berbagai cara yang pada saat ini dimungkinkan dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Secara tradisional kita memperoleh informasi dari para tetua (termasuk orangtua) dan opinion leader (termasuk guru, ulama, pelatih dll.). Dalam masyarakat berpengetahuan mahasiswa STAIN Salatiga harus memperoleh kesempatan untuk memperoleh dan menggali informasi sendiri melalui buku, majalah, telepon, radio, televisi, internet dll. Keberadaan Warnet, Warintek, dan cyber café mendorong akses informasi yang boleh dikatakan tidak terbatas.Yang perlu diperhatikan adalah perlunya berkembang kemampuan untuk tidak menganggungkan atau mempercayai begitu saja semua bentuk informasi yang disebarluaskan melalui teknologi informasi dan komunikasi. Setiap pengelola media komunikasi telah mengolah dan membumbui fakta atau informasi sesuai dengan selera mereka masing-masing. Oleh karena itu masyarakat kampus (STAIN Salatiga) baik dosen dan mahasiswa dengan adanya pelayanan akademik menggunakan teknologi informasi melalui internet maka semua pihak akan terbantukan dengan program ini misalnya pengisian KRS, Kartu Tes Ujian dll melalui IT maka mahasiswa STAIN Salatiga untuk berbenah atau tidak gagap teknologi yang semua tersebut dalam rangka mempermudah dan memperbaiki pelayanan masyarakat kampus.

 

 

 

 

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu