PBAK PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM IAIN SALATIGA

bimbingan konseling (2)

Salatiga, 10  Agustus 2019, IAIN Salatiga. Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling  Pendidikan Islam (HMPS BKPI) IAIN Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 di ruang 3.01 Gedung Ahmad Dahlan kampus 3 IAIN Salatiga, yang terlaksanakan selama 2 Jam 15 menit dari jam 13.15 – 15.30.

Peserta dari Kegiatan ini adalah Mahasiswa Baru terutama Mahasiswa BKPI sejumlah 77 Mahasiswa baru. Hadir dalam kegiatan ini, beberapa dosen BKPI serta seluruh pengurus HMPS BKPI IAIN Salatiga. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan makna bimbingan dan konseling bagi mahasiswa baru. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakrabkan antar mahasiswa. Tak lupa, motivasi diberikan kepada mahasiswa baru untuk bangga dan semangat dalam belajar di program studi BKPI. Bertindak sebagai ketua panitia dari kegiatan ini adalah saudari Ulfa Salsabila Rizqina beserta semua pengurus HMPS BKPI yang saling membantu dan berkerja demi terselenggaranya Pengenalan Budaya Akademik Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam IAIN Salatiga.

Ada beberapa rangkaian acara yang diadakan. Pertama, pengkondisian dan absensi camaba oleh panitia. Setelah itu, dilanjutkan pembukaan serta pengenalan prodi BKPI kepada camaba. Pengenalan prodi disampaikan oleh ketua jurusan BKPK IAIN Salatiga, Ibu Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Setalah itu, dilanjutkan pemberian motivasi oleh Ibu Widayati Lestari, M.Psi.

bimbingan konseling (1)

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengenalan HMPS BKPI IAIN Salatiga oleh ketua HMPS BKPI, saudara M. Mar’I Machasin. Selain itu, dikenalkan pula  IMABKIN (Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia) kepada mahasiswa baru. Perlu diketahui, IMABKIN tersebut adalah organisasi yang terdiri dari beberapa Mahasiswa bimbingan dan konseling dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Pengenalan IMABKIN ini disampaikan langsung oleh pengurus IMABKIN PW II, saudari Khusnul Magfiroh dan Khoeri Azizah. Untuk BKPI IAIN Salatiga masuk dalam Wilayah II IMABKIN, Wilayah II terdiri dari Jawa, NTT,NTB dan Bali, Perkenalan IMABKIN bertujuan untuk memperkenalkan IMABKIN kepada mahasiswa baru Bimbingan Konseling Pendidikan Islam IAIN Salatiga serta mempunyai harapan dapat memberikan semangat para mahasiswa baru untuk selalu aktif sebagai mahasiswa dan aktif berorganisasi.

Selain pengenalan organisasi, diadakan pula Bakti Sosial (BAKSOS) yang dilanjutkan dengan Penutupan. Baksos berupa alat-alat tulis diberikan kepada panti asuhan disekitar Salatiga yang membutuhkan. Sebagai acara terakhir, foto bersama seluruh peserta dan panitia PBAK Program Studi Bimbingan dan Konseling IAIN Salatiga.

BKPI IAIN Salatiga sangat mengharapkan agar mahasiswa baru BKPI dapat mengenal lebih dalam lagi tentang rasa kebersamaan, saling membantu sesama serta menjadi seseorang yang  bermanfaat bagi orang lain sesuai bidang keahlian yakni Bimbingan dan Konseling Islam.

bimbingan konseling (3)