Sun. Jun 13th, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

RAPAT KERJA SEMA, DEMA, DAN HMPS FTIK IAIN SALATIGA TAHUN 2021

3 min read

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan selama dua hari berturut menyelenggarakan rapat kerja ormawa di lingkup FTIK. Acara diselenggarakan di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang pada tanggal 30-31 Maret 2021. Acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Rapat kerja dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi, Pembina Ormawa, dan Pengurus Harian Ormawa.

Acara digelar dengan patuh terhadap protokol kesehatan. Pengaturan jarak duduk, seluruh anggota memakai masker, dan tersedianya handsanitizer serta tempat cuci tangan. Keseluruhan peserta yang hadir pada raker tersebut di cek suhu ketika memasuki ruang acara.

Mengawali raker pada Selasa, 30 Maret 2021, Hammam, M.Pd., Ph. D selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama melaporkan kegiatan raker ormawa FTIK 2021. Peserta raker terdiri dari seluruh ormawa di lingkungan FTIK, diantaranya: SEMA, DEMA, HMPS, dan Student Body KKI.

Pada tanggal 30 Maret 2021 raker dibuka oleh Dekan FTIK, Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Pada kesempatan baik itu beliau menyampaikan selamat kepada peserta raker karena telah menjadi seorang yang terpilih menjadi bagian dari SEMA, DEMA, dan HMPS. Tidak lupa, beliau mengingatkan dalam masa pandemi ini, agar mentaati protokol kesehatan dengan baik. Di akhir sambutan beliau berpesan bahwa kesuksesan seseorang memerlukan sebuah pengembangan diri, networking, dan penguasaan IT. Maka dengan raker ini dijadikan sebagai wahana untuk mengembangkan hal tersebut.

Setelah acara dibuka, Wakil dekan bidang akademik dan wakil dekan Bid. Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan memberikan arahan. Suwardi, M.Pd selaku wadek bidang akademik mengingatkan para ormawa untuk tidak melupakan hari bersejarah ini. Hari selasa (30/3) adalah hari penting karena ini adalah tonggak sejarah peningkatan intelektualitas. Sema, Dema, dan HMPS FTIK IAIN Salatiga memiliki peran penting dalam bidang akademik, yaitu: sebagai mitra untuk mengawal kebijakan akademik, mitra pengembangan bidang akademik. wahana untuk mengembangkan kemampuan menulis secara akademik.

Pengarahan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan oleh Dr. Rasimin, M.Pd. Kaitannya dengan bidang yang beliau ampu, beliau meminta untuk memperhatikan prosedur terkait dengan pengajuan prosposal kegiatan. Jika proposal tersebut sudah sesuai dengan anggaran maka dana talangan akan turun 50%. Sehingga agar keuangan bisa turun 100% maka pasca kegiatan segera menulis dan mengumpulkan laporan pada kabag umum. Kaitannya menjadi seorang pemimpin dalam kapasitas sebagai Sema, Dema, dan HMPS FTIK IAIN Salatiga, raker adalah ajang untuk memantaskan diri. Tidak hanya itu, seorang pemimpin harus bisa menjadi modelling dan inspirasi kepada lingkungan sekitar.

Pada Raker ini diundang tiga narasumber hebat yang akan menggembleng para ormawa FTIK. Dua narasumber pertama menyajikan materinya pada tanggal 30 maret dan Narasumber ketiga menyampaikan materi pada tanggal 31 maret 2021. Narasumber pertama adalah Sutomo, M.Ag. beliau menyampaikan materi tentang   Pengembangan Akademik dan Kemahasisswaan. Narasumber kedua adalah Edi Faisol, S.Sos.I menyampaikan materi  Kompetensi Literasi dan IT dalam Kepemimpinan Mahasiswa. Setelah kedua pemateri menyampaikan materinya, panitia memberikan kesempatan bagi ormawa untuk berkoordinasi dengan masing-masing pembinanya. Selesai koordinasi, secara bergantian oramawa mempresentasikan program kerjanya dan diberikan masukan oleh peserta lainnya.

Pada tanggal 31 Maret 2021, ada satu narasumber hebat dari Unnes. Beliau adalah Intan Permata, M. Pd. Yang membawakan materi Pengembangan Kepemimpinan Mahasiswa Berwawasan Global. Dalam presentasinya beliau memotivasi mahasiswa untuk tidak segan dalam mengembangkan diri dalam pergaulan Internasional. Bahkan beliau membawa dua mahasiswa lulusan luarnegeri untuk berbagi pengalaman ketika menempuh perjalanan akademiknya kuliah di Luar Negeri.

Pada akhir acara, panitia memberikan kesempatan para peserta raker untuk mengabadaikan acara bersejarah ini melalui foto bersama. Pengambilan foto tetap mematuhi protokol kesehatan. Setelah foto bersama selesai, wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Hammam, M.Pd., Ph.D. mewakili Dekan menutup acara raker.

(Humas FTIK-AFP)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.

ekbonus.com Bonus Veren Siteler linkegit.com