Sun. Apr 28th, 2024

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

REFRESMENT DOSEN PPG DALJAB BATCH 1: PRODI PPG IAIN SALATIGA DIBERIKAN AMANAH UNTUK MENYELENGGARAKAN PPG DALJAB TAHUN 2022

2 min read

Prodi PPG FTIK IAIN Salatiga pada tahun 2022 diberikan amanah kembali oleh Kemenag RI untuk menyelenggarakan PPG Daljab. Kegiatan refreshment dosen PPG dilaksanakan sebagai bentuk persiapan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan bagi Guru PAI dan Madrasah Batch 1 tahun 2022. Kegiatan refreshment dosen PPG dilaksanakan pada Jumat, 18 Maret 2022 di Ruang Rapat Utama Lt.1, Gedung K.H. Hasyim Asy’ Ari Kampus 3 IAIN Salatiga. Acara dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan FTIK, Wakil Dekan, Ketua dan Sekrodi PPG, seluruh pengelola dan dosen PPG.

Dalam sambutannya Dekan FTIK IAIN Salatiga, Prof. Dr. Mansur, M. Ag. memberikan informasi bahwa, “Pada tahun 2021 Prodi PPG Daljab berhasil mencapai kelulusan di atas kelulusan rata-rata nasional di kemenag dan diknas, yaitu: guru PAI mencapai kelulusan 86%, guru madrasah 98%, guru PAI dan guru madrasah adalah 92%”. Beliau menekankan bahwa kesuksesan PPG adalah hasil sinergitas antara dosen/instruktur dengan para guru pamong.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M. Ag., memberikan pesan kepada prodi PPG untuk terus mengembangkan kerja sama dengan pemerintah daerah agar mendapatkan peserta yang berkualitas dan meningkatkan mutu guru pada daerah.

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. M. Saerozi, M.Ag. menyampaikan amanah pada prodi PPG untuk menata DTPS yang fokus pada PAI dan Madrasah, sebagai persiapan akreditasi prodi. Selanjutnya, perlu mencermati fasilitas pembelajaran di kampus untuk mempersiapkan pembejaran PPG secara luring.

Pada kesempatan ini Ketua Prodi PPG FTIK IAIN Salatiga Mufiq, S.Ag., M.Phil., menegaskan bahwa terdapat perbedaan sistem penyelenggaraan PPG tahun ini dengan sebelumnya. Oleh karenanya dosen PPG perlu ada refreshment agar menyesuaikan diri dengan sistem baru. Adapun PPG Daljab Batch 1 akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2022. Beliau juga memberikan informasi penting dalam PPG tahun ini perlu ada muatan materi Anti Radikalisme untuk mempersiapkan guru yang telah tersertifikasi bebas dari Radikalisme.

Pada kegiatan refreshment dosen PPG dihadirkan tiga pemateri yang pakar dalam penyelenggaraan PPG, yaitu: 1) Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A., 2) Dr. H. Anis Masykhur, S.Ag. M.A., dan 3) Muhammad Syamsul Ma’arif, M.H. Semua pemateri merupakan Panitia Nasional PPG Daljab Tahun 2022.

Pemateri pertama adalah Muhammad Syamsul Ma’arif, M.H. yang merupakan tim pengembang LMS PPG menjelaskan mengenai Penggunaan LMS dalam Pembelajaran PPG Daljab Tahun 2022. Beliau menyampaikan karakter dan tambahan fitur dalam LMS dan membimbingan para dosen PPG untuk mengoperasikan LMS PPG. Peserta mengikuti dengan antusias petunjuk mengoperasikan LMS dari awal hingga akhir.

Pemateri kedua adalah Dr. H. Anis Masykhur, S.Ag. M.A., beliau adalah Panitia Nasional PPG Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada kesempatan ini memberikan materi tentang pengelolaan akademik dan kebaruan penyelenggaraan PPG Daljab Tahun 2022. Beliau menekankan ada empat pembaharuan substansi dalam PPG Daljab 2022, yaitu: 1) mengatasi persoalan rendahnya literasi; 2) mengintegrasikan moderasi dalam ppg; 3) menyampaikan pentingnya mengatasi permasalahan learning loss; 4) learning recovery pasca pandemi covis-19 dan learning loss.

Pemateri terakhir adalah Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A. beliau merupakan panitia nasional PPG Daljab 2022 sekaligus Wakil Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten. Beliau menjelaskan materi secara daring tentang Kebijakan dan Mekanisme Pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2022.

(AFP)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu