Tue. Nov 29th, 2022

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Apresiasi Budaya Indonesia dan Mengasah Kemampuan Bahasa Asing Melalui Pegelaran ALE

2 min read

Program Khusus Kelas Internasional (PKKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga menggelar Art and Language Exhibition (ALE) di gedung Student Center Kampus 3 UIN Salatiga dalam rangka melestarikan budaya indonesia, Sabtu (19/11/2022).
Pagelaran ini tidak hanya dipertunjukan oleh mahasiswa UIN Salatiga namun juga terbuka untuk umum. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa jajaran civitas akademik UIN Salatiga, dispudpar, dinas pendidikan dan wakil wali kota Salatiga.
ALE sendiri merupakan agenda tahunan PKKI yang mempertunjukan sebuah pagelaran seni dan budaya berupa pertunjukan wayang orang yang diperankan oleh mahasiswa Program KKI. Yang membuat unik dari ALE sendiri adalah penampilan multi bahasa (Inggris, Arab, dan Jawa) dengan harapan bisa merambah sampai ke Internasional.
Tema yang dipilih untuk ALE 2022 adalah Sang drupadi. Cerita Sang drupadi merupakan cuplikan dari Kisah Mahabharata. Dalam pagelaran itu menceritakan bahwa drupadi dilecehkan oleh kurawa yang mana dalam kejadian ini memicu konflik antara pandawa dan kurawa.


Pagelaran ini dibuka dengan Grand Opening yang sangat luar biasa berupa tari Guyup Parisuka yang sukses membuat ratusan penonton yang telah hadir terpikat olehnya.
Miftachudin, MA. selaku direktur program KKI mengatakan “Ale adalah wujud praktek mata kuliah gamelan, nusantara dance, dan English Arabic drama sekaligus apresiasi dan menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Harapan dari kegiatan ini dapat meningkatnya keterampilan mahasiswa dalam mempraktekkan budaya Indonesia, bahasa Arab dan Inggris.”
“Tambahannya mahasiswa berlatih mengorganisir kegiatan yang besar, berlatih kerja tim, komunikasi, manajemen waktu dan bekerja di bawah tekanan,” karena disini mahasiswa tidak hanya sebagai pemeran saja tetapi juga sebagai panitia acara tersebut.
Faiz salah satu penonton mengatakan “Bagaimana nggak excited, ALE ini sudah jadi agenda rutin tahunan anak kki tapi sudah 2 tahun tidak bisa lihat ALE secara langsung dan sekarang diadakan lagi secara offline yang membuat tambah semangat,”.

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.