Tue. Nov 29th, 2022

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

MEMBUMIKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI

2 min read

Rabu, 9 Novemver 2022 Prodi PGMI FTIK UIN Salatiga menyelenggarakan pelatikan kemampuan literasi dan numerasi. Pelatihan di selenggarakan di Auditorium Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FTIK, Ketua Prodi PGMI, Sekretaris prodi PGMI, dan seluruh dosen PGMI. Begitu menariknya kegiatan ini, peserta yang hadir sangat beragam, mulai pserta umum, guru SD/MI, pengamat pendidikan, dan mahasiswa baik internal ataupun eksternal.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prof. Dr. Mansur, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan, “Kemampuan literasi dan numerasi bukan hanya soal bisa membaca atau berhitung, namun lebih jauh daripada itu kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan mendasar yang perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.”, tuturnya. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah berusaha masimal demi terselenggarakan acara ini. Beliau juga sampaikan terimakasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir dalam acara pelatihan ini. Terakhir beliau membuka acara secara resmi dengan mengucap Bassmalllah.

Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. selaku ketua prodi PGMI dalam laporannya menyampaikan, “Kegiatan seminar ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan guru MI Se-Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang”, tuturnya. Peni Susapti juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan wawasan tambahan terkait kemampuan literasi dan numerasi di Madrasah Ibtidaiyah.

Pada kegiatan seminar nasional ini hadir narasumber hebat yang pakar dalam bidang kajian literasi dan numerasi, Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. dari UIN Raden Mas Sa’id Surakarta. Dalam paparannya beliau menyampaikan, “kemampuan literasi dan numerasi dapat dikembangkan melalui pembiasaan. Dewasa ini kemampuan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dalam membuat karya tulis berupa artikel dan produk pembelajaran lainnya”, pesannya.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan menyimak penjelasan demi penjelasan dari pakar. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber untuk mengkonfirmasi rasa keingintahuannya. Narasumber merespons dengan sangat detail dan menjelaskan sampai peserta memahaminya.

Kegiatan pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Kaprodi PGMI, Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Dalam kata penutupnya beliau menyampaikan terimakasih kepada semua peserta yang telah hadir dan mengikuti dengan khidmat, serta mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang talah membagikan ilmunya. (AFP)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.