Mon. Apr 15th, 2024

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Hack forumu

PIAUD UIN SALATIGA TERAKREDITASI UNGGUL

3 min read


SALATIGA – Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTIK UIN Salatiga mendapatkan anugerah terakreditasi Unggul (A) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK). Tertanggal 15 Oktober 2022 dan akan berlaku sampai 15 Okober 2027. Proses asesmen lapangan (AL) yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 26-27 September 2022 berjalan dengan cair dan lancar selama dua hari. Asesor LAMDIK yang bertugas untuk melakukan asesmen lapangan adalah Dr. Abdul Quddus MA. (UIN Mataram) dan Prof. Dr. Husniyatus Salamah Chusniyat Zainiyati, M.Ag. (UIN Sunan Ampel Surabaya).
Prodi PIAUD FTIK adalah Program studi pertama di UIN Salatiga yang mendapat akreditasi Unggul setelah alih status dari IAIN menjadi UIN. Di samping 6 Prodi yang sudah terakreditasi Adi starata S1, kini Prodi PIAUD FTIK semakin menambah panjang deretan Prodi yang mendapat akreditasi A (Unggul) di lingkungan UIN Salatiga.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag. sangat antusias dan bangga atas raihan akreditasi tersebut. ‘Selamat dan semoga menjadi penyemangat bagi Prodi-prodi lainnya untuk menyusul menjadi Unggul, sehingga semakin memajukan UIN Salatiga’, paparnya. Demikian halnya Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Salatiga, Prof. Dr. Adang Kuswaya, M.Ag., juga ikut merasakan keharuan dan kegembiraannya atas hasil akreditasi tersebut, di tengah perjalanannya dari Swiss ke Semarang, mengungkapkan bahwa hasil ini sangat mengagetkan dan membahagiakan sekali, karena ini adalah hasil unggul perdana di UIN Salatiga Bersama LAMDIK, semoga menjadi penyemangat bagi Prodi lainnya yang akan akreditasi, ungkapnya.


Adanya regulasi tentang tatakelola akreditasi nasional yang tidak lagi semuanya di BAN PT, akhirnya mengantarkan Prodi PIAUD untuk mengikuti akreditasi melalui LAMDIK. Proses akreditasi melalui LAMDIK ini cukup cepat mulai dari Submit sampai pelaksanaan asesemen lapangan (AL). Tercatat tanggal 11 Agustus submit LED-LKPS (borang) akreditasi, tanggal 21 September sudah keluar jadwal asesmen lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 September 2022. Dan akhirnya tanggal per tanggal 15 Oktober 2022 melalui SK nomor: 388/SK/LAMDIK/Ak/S/X/20022 Prodi PIAUD UIN Salatiga mendapatkan hasil Unggul (A). Dengan demikian, Prodi PIAUD FTIK akhirnya menjadi yang Unggul pertama di UIN salatiga, juga yang pertama Unggul melalui Lembaga akreditasi baru, LAMDIK.

Dekan FTIK, Prof. Dr. Mansur, M.Ag. juga turut menyatakan kegembiraanya atas hasil tersebut. Melalui sambungan telepon beliau mengungkapkan rasa senang, bangga dan ikut terharu atas capaian tersebut. ‘saya ikut bangga dan senang sekali atas capaian tersebut, selamat atas kerja keras tim akreditasi PIAUD yang luar biasa, semoga mampu diikuti oleh prodi-prodi lainnya yang akan melakukan akreditasi melalui LAMDIK, ungkapnya.
Di tingkat asosiasi Prodi PIAUD se-Indonesia sendiri, PIAUD UIN Salatiga juga menjadi Prodi pertama yang mendapatkan hasil akreditasi unggul melalui LAMDIK ini. Ucapan selamat juga terus mengalir dari berbagai pihak, utamaya dari Ketua PPIAUD Indonesia dan segenap anggota PPIAUD se-Indonesia. Tidak hanya itu, banyak anggota asosiasi tersebut juga berharap bisa belajar langsung ke PIAUD UIN Salatiga untuk mendapatkan hasil akreditasi unggul. Ketua asosiasi PPIAUD Indonesia, Dr. Nur Hamzah, M.Pd. memberikan apresiasi dan menyemangati prodi-prodi PIAUD lainnya menyusul dan jangan malu untuk saling belajar. Selamat buat PIAUD UIN Salatiga, ayo PIAUD yang lain segera menyusul dan saling menimba ilmu serta jangan lupa yang sudah unggul untuk mau berbagi pengalaman baik dengan bertemu langsung, webinar, zoom meeting atau melalui cara lainnya yang intinya, sama-sama saling menguatkan, pungkasnya.


Kaprodi PIAUD UIN Salatiga, Imam Mas Arum mengungkapkan bahwa raihan akreditasi unggul ini, tentu adalah hasil kerja kompak semua pihak, utamanya tim akreditasi yang sangat sigap dan kompak dalam menyiapkan data-data pendukung dan menyusunnya dalam bentuk LED-LKPS(borang), yang kemudian di submit di LAMDIK. Kerja keras mereka tidak hanya sampai di situ, saat pelaksanaan asesmen lapangan pun, mereka masih berjibaku untuk memberikan jawaban dan melengkapi data-data yang dibutuhkan.

Antusisasme dan kekompakan tim tersebut tentu juga didukung oleh support system yang sangat mendukung, baik dari rektorat, LPM, dekanat, akademik, dan tendik. Teriring juga doa-doa terbaik dari banyak pihak, serta komunikasi positif dengan para asesor, yang akhirnya membuahkan hasil yang sangat menggembirakan, Unggul. Namun demikian, dengan hasil ini kami tidak boleh terlena dan berbangga diri, namun harus terus berbenah, memantaskan diri serta meningkatkan layanan dan kualitas akademik, tuturnya. (21/10/2022)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.
Hack forumu