September 21, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

REFRESHMENT DOSEN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN TAHUN 2021 FTIK IAIN SALATIGA

2 min read

Rabu (2/6) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga menyelenggarakan refreshment dosen pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan tahun 2021. Acara refreshment dihadiri oleh Rektor, Wakil rektor II, Dekan FTIK beserta seluruh Wakil dekan, dan Para pengelola PPG Daljab FTIK IAIN Salatiga. Dosen pengajar dalam PPG Daljab seluruhnya ada 54 orang, dengan rincian 25 dosen pengampu PPG PAI dan 29 dosen pengampu PPG Madrasah. Dosen yang ditunjuk untuk mengajar di PPG merupakan dosen pilihan yang kualitasnya tidak diragukan lagi, terdiri dari beberapa Profesor, dosen senior, dan dosen berprestasi.

Amanah yang diberikan negara khususnya Kemenag dalam penyelenggaraaan PPG dipegang oleh FTIK dengan penuh tanggungjawab dan kredibel. Maka FTIK IAIN Salatiga sangat menjaga kualitas tenaga pendidik/dosen dan juga kualitas pengelola PPG Daljab di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Apalagi peserta PPG Daljab tahun 2021 ini sangat banyak, sehingga terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 PAI ada 109, Gelombang 2 PAI 111, dan Gelombang 1 Madrasah 125, Gelombang 2 Madrasah 75.

Pada acara tersebut didatangkan Narasumber bereputasi Nasional, dari Pendis Kemenag dan Panitia Nasional PPG Daljab 2021. Narasumber dari Pendis Kemenag merupakan tim pengembang LMS Space, dan bekerja di direktorat Pendidikan Agama Islam, beliau adalah M. Syamsul Maarif, M.H. Narasumber Kedua dari Panitia Nasional PPG Daljab 2021, beliau adalah H. Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Pd. Acara refreshment tersebut bertujuan untuk menyiapkan para dosen pendidik dalam PPG Daljab 2021 agar menguasai sistem pengajaran PPG Secara daring menggunakan LMS Space. Selain itu juga menyegarkan kembali tentang proses pembelajaran yang ada dalam LMS Space yang digunakan dalam PPG Daljab 2021.

Narasumber yang pertama adalah M. Syamsul Maarif, M.H. dari tim pengembang LMS Space Kemenag. Beliau menyampaikan teknis menggunakan LMS dari awal login hingga mengenalkan fitur-fitur yang ada dalam LMS. Peserta mengikuti setiap penjelasan yang diberikan oleh beliau. Penjelasan teknis mengenai penggunakan LMS menjadi penting untuk para dosen pengajar PPG, agar dalam pelaksanaannya tidak menghambat dan berjalan dengan lancar.

Narasumber yang kedua adalah H. Mustofa Fahmi, S.Pd. dari Panitia Nasional PPG Daljab 2021. Beliau mengawali penyampaikan materi dengan menjelaskan urgensi dan regulasi terkait dengan penyelengaraan PPG. Beliau juga mengucapkan selamat kepada IAIN Salatiga karena berhasil membuka prodi PPG dan merupakan 10 besar PTKIN tercepat dalam menyiapkan prodi baru PPG di Kemenag. Sealin itu, dBeliau menjelaskan mengenai proses pembelajaran PPG secara runtut dan sistematis. Hal yang menjadi penegasan kepada semua dosen pendidik PPG adalah agar selalu standby di sistem LMS karena semua laporan harus terekam oleh sistem. Oleh karenanya harus selalu “on” pada sistem dan menjaga stabilitas koneksi internet.

Semoga PPG Daljab tahun 2021 berjalan dengan lancar dan selalu dinaungi keberkahan, demi mencetak pendidik yang profesional.

(AFP – Humas FTIK)

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.