September 21, 2021

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Siap Mengajar! Prodi PAI beri Pembekalan Mahasiswa

2 min read

Senin 26 Juli 2021 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengadakan Pembekalan Praktik Kegiatan Lapangan (PPL). Mengambil tema “Praktik Pengembangn Profesi dalam Mencetak Guru Kreatif di Masa Pandemi”. Berharap mahasiswa sudah siap saat melaksanakan praktik di sekolah masing-masing mereka bertugas.

Acara dibuka oleh Sekretaris Program Studi Guntur Cahyono, M.Pd. “Masa Pandemi Covid 19 memungkinkan terciptanya sebuah kesadaran akan pembelajaran baru yang harus dikuasai dan dipelajari”. Mahasiswa diharapkan mampu berinovasi dan kreatif dalam praktik mengajar dan memberikan metode yang paling baik, mudah diterima semua, dan bisa menjadi rujukan pembelajaran selanjutnya, lanjutnya.

Materi pertama di sampaikan oleh Dra. Siti Asdiqo, M.Si tentang “Kebijakan dan Etika Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)”. “Mahasiswa saat praktik mampu menunjukkan sebagai seorang guru yang berdedikasi, sopan, dan ramah dalam mengajar”. Seorang guru harus dapat menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa bisa aktif belajar dan anak merasakan kebermaknaan dalam proses pembelajaran, serta menjadikan pengalaman belajar yang optimal. Guru harus mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang variatif dan menarik, sehingga dapat mendorong keaktifan dan kreativitas siswa dalam belajar, imbuhnya.

Sementara itu pemateri kedua Hanum Jazimah Puji Lestari, M.Pd menyampaikan “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI dan Agama Islam Madrasah”. Dalam setiap pembelajaran mahasiswa praktikum harus siap dengan materi dan kelengkapan mengajar. “Mereka harus mempunyai integritas dalam mengajar yang diimplementasikan ke dalam kejujuran, kebenaran ilmu yang diajarkan, konsistensi dalam mengajar, dan mempunyai tanggung jawab terhadap ilmu yang diembannya”.
Selanjutnya disampaikan tentang manajemen pembelajaran di sekolah. Beberapa hal yang harus guru kuasai yaitu dengan menerapkan 5W dan 1 H. WHAT (APA). Mengelola kelas dengan baik dan siswa tertarik dan senang mengikuti pembelajaran, katanya.

Mahasiswa senang dan antusias, terbukti banyak pertanyaan yang disampaikan dan interesting mengikuti acara tersebut. Hadir dalam acara melalui Zoom Meeting mahasiswa sebanyak 249 orang, beberapa dosen, dan akademik. Acara ditutup pukul 17.00 WIB.

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.