Tue. Nov 29th, 2022

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Better Choice For Better Teacher

Teaching Talk Series 1 sebagai Program Layanan dan Pembinaan Keprofesian

2 min read

SALATIGA – Program Studi PGMI FTIK UIN Salatiga kembali menjalin kerjasama dan diundang sebagai narasumber dalam kegiatan Teaching Talk Series 1 yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu 29 Oktober 2022 secara virtual.

Khulatul Lutfiah, M. Pd. I dosen PGMI UIN Salatiga mengajak kepada guru atau calon guru untuk senantiasa mengupgrade dan mengasah keterampilannya karena Keberhasilan mengajar, selain ditentukan oleh
faktor kemampuan, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam belajar dan kelengkapan fasilitas atau
lingkungan belajar, juga akan tergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan berbagai
keterampilan mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang mutlak harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru. Penguasaan terhadap keterampilan ini memungkinkan guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran secara lebih efektif.

Acara dibuka kegiatan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S. Ag., M. Ag beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua yang terlibat dan berharap kerjasama antar lembaga seperti ini bisa terus berlanjut. Kegiatan dengan tema “Pengembangan Kompetensi Pedagogik” Sangat berarti dimana kompetensi Pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang mutlak harus dikuasai oleh seorang guru atau calon guru, disamping kompetensi profesional, personal dan sosial.

Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I, selaku keynote speaker dan sekaligus ketua Asosiasi Dosen PGMI Indonesia memberikan strategi strategi yang bisa diambil untuk mengembangkan kompetensi Pedagogik diantaranya dengan peningkatan manajemen kelas dan komunikasi pembelajaran yang ramah otak dan ramah anak .”Seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum, materi, strategi, media pembelajaran, dan manajemen kelas yang memperhatikan perkembangan peserta didik, sehingga output yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas”,

Pemaparan materi dilakukan secara paralel yaitu dimulai dari Dr. Nirwana Anas, M. Pd., Dr. Sihabudin, M. Pd. I, M.Pd. Hadir pula narasumber dari UIN Sunan Kalijaga dan UIN Sumatera Utara dan diikuti peserta yang bergabung 429 dari unsur guru, dosen dan mahasiswa.

Fakultas Tarbiyah | Newsphere by AF themes.